Komparasi Ajax di PHP

Saya mencoba mencari cara koding  pada Ajax di PHP dengan framework CodeIgniter, ada 2 jenis yang saya jumpai yaitu dengan :

  1. http://mbahcoding.com/php/codeigniter/codeigniter-server-side-ajax-crud-modal-validation.html
  2. http://gedelumbung.com/contoh-aplikasi-crud-sederhana-dengan-codeigniter-ajax/

hasilnya semua keren, semua source saya baca dan saya coba menarik.

setelah mencoba dan melihat lihat source nya saya tertarik untuk stress test pada data nya, testingnya saya tambah datanya menjadi 1 juta record, cukup sadis 😀 bukan. untuk penambahan record menjadi 1 juta bisa anda lihat di posting saya sebelumnya.

agar tidak penasaran saya kasih lihat hasil dari berapa detik speed nya

CIget_datatables
gambar diatas adalah link no 1 yang saya sebutkan, aplikasi ini memakai

PHP + MySQL +Codeigniter +jQuery +Bootstrap + DataTables 

hasil dari speednya rata2 adalah 5 detik untuk menampilkan 10 record

 

CI_limit

untuk pada gambar diatas memakai Codeigniter  belum memakai macam2 masih murni PHP+ MySQL + Codeigniter + ajax + jquery 

hasil dari speednya rata2 adalah 3 detik untuk menampilkan 5 record

dari kedua nya saya memakai pc yang sama yaitu pc saya.

saya juga mau mencoba aplikasi yang sudah saya buat dengan menggunakan PHP Custom PDO + ajax + MySQL + Bootstrap + jQuery

hasil nya bisa dilihat pada gambar dibawah :

PDO_CLASSIC

Agak kaget juga ternyata PHP Custom PDO masih mengungguli yang lain dengan rata2 2 detik , padahal saya kurang yakin karena yang saya baca address di pc lain yang jeroannya sama seperti di pc saya dan itu juga sudah memakai ip publik

Next time, saya mau mencoba mencari cara agar memakai Codeigniter + ajax lebih cepat speednya mungkin dimulai dari link saya yang no 2

+ Tambahan :

Saya juga telah mencoba codeigniter 3 terbaru memakai PDO untuk link ke 2 dengan memakai konsep dari http://codebyjeff.com/blog/2013/03/codeigniter-with-pdo
bisa lihat ke digambar bawah ini :
pdo_ci3

Hasilnya masih mengecewakan karena dengan memakai konsep codeigniter 3 PDO malah tambah berat speednya T.T

Mohon masukannya jika sobat koding mempunyai cara Codeigniter + ajax agar lebih cepat.

 

 

Wassalam

 

Leave a Reply

